Sejarah Pesantren Tahfizh Al-Quran Daarul Uluum Lido

Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido merupakan pesantren rintisan yang berasal dari sebuah kelompok kecil di Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido yang bernama Jam’iyyatul Tahfizh al-Qur’an yang terdiri dari para santri yang bertekad dan mempunyai keinginan untuk menghafal Al-Qur’an yang diresmikan pada tanggal 17 Ramadhan dan bertepatan dengan malam Nuzulul Qur’an. Walaupun pada saat itu Jam’iyyatul Tahfizh al-Qur’an hanya memiliki anggota sebanyak 20 orang.

Setelah peresmian itu dilaksanakan maka (Alm) Kyai. Ahmad Dimyati memerintahkan Ust. Ahmad Yani untuk mencari pembimbing dan pembina hafalan para santri Jam’iyyatul Tahfizh al-Qur’an. Kemudian Ust. Ahmad Yani mencari pembimbing di Pesantren Ummul Qura’ Caringin, Maseng. Lalu dipilihlah Ust. Ahmad Rifa’i al-Hafizh sebagai pembimbing Jam’iyyatul Tahfizh al-Qur’an putra pada bulan Juli 2002. Dan berhubungan dengan belum hadirnya pembimbing bagi para santriwati, maka Ust. Ahmad Yani mencari pembimbing hafalan bagi santriwati di Pesantren Nurul Iman, Caringin. Dan terpilihlah Usth. Hesti al-Hafizhah menjadi pembimbing Jam’iyyatul Tahfizh al-Qur’an putri.

Seiring berjalannya waktu, keinginan para santri untuk menghafal al-Qur’an semakin meningkat dan melihat banyaknya santri tebusan Jam’iyyatul Tahfizh al-Qur’an yang menjadi alumni yang berkualitas. Maka pada akhir tahun 2014 Khadimul Ma’had Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido Kyai. Muhammad Yazid Dimyati,  S.Th.I,. Lc memutuskan untuk memindahkan para santriwati Jam’iyyatul Tahfizh al-Qur’an ke tempat yang terpisah yaitu sebuah villa di depan Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido yang bertujuan untuk membuat para santriwati lebih fokus dalam menghafal al-Qur’an. Dan pada Januari 2015 para santriwan Jam’iyyatul Tahfizh al-Qur’an menyusul untuk dipindahkan ke tempat tersebut. Lalu Khadimul Ma’had menunjuk Ust. Tubagus Bay Amri Hakim, M.Ed dan Usth. Desi Maziyah, S.E agar menjadi Mudir dan Wakil Mudir Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido. Dan pada tanggal 01 Februari 2015 Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido diresmikan oleh Khadimul Ma’had dan Ketua Umum MUI Bogor Dr. KH. Ahmad Mukri Aji, MA., MH.

Setelah berdirinya Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido selama satu setengah tahun. Maka pada tahun ajaran 2016-2017 Khadimul Ma’had  memutuskan bahwa Pesantren Tahfizh Al-Qur’an Daarul ‘Uluum Lido berotonom.